LEMBAGA TAHFIZ

AN-NAHL

Lembaga Tahfiz An-Nahl adalah sebuah lembaga yang berkhidmat dalam program tahfiz Al Qur’an bagi siswa dan siswi SMAN 2 Sumatera Barat, disamping itu juga memberikan layanan pembinaan baca tulis alquran sekaligus tahfizul quran bagi masyarakat umum. Lembaga ini berada dibawah binaan Kementerian Agama Kabupaten Solok. Lembaga Tahfiz An Nahl berbasis di Kampus SMAN 2 Sumatera Barat, tepatnya di Jalan Lingkar Lintas Sumatera Nagari Koto Gaek Guguk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok- Sumatera Barat.

“VISI”

Sebagai pusat study ilmu-ilmu Al Qur’an yang berdaya saing, kompeten , professional dan mencetak generasi-generasi yang menjadikan Al Qur’an sebagai bacaan dan hafalan serta pedoman hidup.

“MISI”

Menghasilkan generasi-generasi yang kompeten dalam ilmu agama islam, terutama ilmu-ilmu Al Qur’an, memiliki hafalan yang kuat, mampu membacanya dengan baik dan benar, serta berakhlakulkarimah.

QS: Al Hijir: 9

اِنَّانَحۡنُنَزَّلۡنَاالذِّكۡرَوَاِنَّالَهٗ لَحٰـفِظُوۡنَ

Artinya: Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur’an, dan pasti Kami (pula) yang akan memeliharanya.

Hadist Riwayat Imam At Turmudzy:

 خَيْرُكُمْمَنْتَعَلَّمَالْقُرْآنَوَعَلَّمَه

Artinya: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.”

Al Qur’an merupakan kitab suci umat islam yang di turunkan oleh Allah Swt, kepada nabi Muhammad Saw, melalui perantara malaikat Jibril, kurang lebih14 abad yang lalu. Al Qur’an berisikan tentang perintah dan larangan Allah, bahkan Al Qur’an juga bersikan tentang kisah kisah nabi dan orang orang shaleh terdahulu. Bagi umat Islam sendiri, Al Qur’an dijadikan sebagai pedoman, petunjuk dan sumber hokum tertinggi dalam ajaran agama islam. Oleh karena itu Allah menjadikan Al Qur’an sebagai kitab yang sangat mulia dan ditinggikan derajatnya, begitu juga dengan orang-orang yang senantiasa menjaganya. Al Qur’an memiliki banyak keutamaan, salah satunya ialah mempelajari dan memahami isi Al Qur’an bernilai ibadah di sisi Allah. Allah swt berjanji barangsiapa yang menghafal Al Qur’an dan mengamalkan seluruh isi nya akan diberikan keutamaan di akhirat, yaitu bisa memasangkan mahkota syurga di kepala kedua orang tuanya.

SMAN 2 Sumatera Barat adalah sebuah sekolah yang menerapkan system Boarding School ( sekolah berasrama ), 100 % siswanya wajib tinggal diasrama selama belajar di SMAN 2 Sumatera Barat. Sejak beroperasional juni 2014, SMAN 2 Sumatera Barat sudah memiliki keinginan untuk mencetak para penghafal Qur’an sebanyak banyaknya yang nantinya dapat menebar kebaikan di seluruh penjuru negeri. Pada tahun pertamanya SMAN 2 Sumatera Barat telah memilki program tahfiz untuk siswa dengan target hafalan 3 juz. Di tahun kedua SMAN 2 Sumatera Barat telah merancang dan menetapkan kegiatan wisuda tahfiz sebagai agenda rutin tahunan, sebagai bentuk apresiasi atau penghargaan terhadap usaha dan prestasi seluruh siswa dalam bidang tahfizul quran. Tercatat sejak ditetapkannya kegiatan wisuda tahfiz sebagai agenda rutin tahunan, SMAN 2 Sumatera Barat telah melakukan tiga kali wisuda tahfiz dengan penuh hikmat. Disamping sebagai bentuk pengharagaan kepada seluruh siswa, kegiatan ini juga merupakan penghargaan bagi seluruh orang tua siswa. Beberapa tahun terakhir, kualitas dan kuantitas hafalan para wisudawan dan wisudawati tahfiz SMAN 2 Sumatera Barat terus menunjukkan peningkatan, terbukti pada wisuda tahfiz Tahun 2020, ada seorang wisudawan tahfiz SMAN 2 Sumatera Barat dinyatakan lulus dengan hafalan 10 juz, predikat mumtaz (sempurna).

Demi tetap menjaga agar program tahfiz di SMAN 2 Sumatera Barat dapat berjalan dengan baik, maka dibuatlah sebuah lembaga yang khusus mengelola program tahfiz dengan professional, dan bertanggung jawab, maka didirikanlah sebuah lembaga tahfiz SMAN 2 Sumatera Barat yang diberi nama Lembaga Tahfiz An Nahl. Ini merupakan bentuk keseriusan dari pihak SMAN 2 Sumatera Barat terhadap potensi yang dimiliki oleh siswa dan siswi SMAN 2 Sumater Barat. Semoga niat baik ini diberkahi dan mendapat  keridhoan  Allah SWT.

Lembaga Tahfiz An-Nahl memliki banyak fungsi penting yang harus dijalankan. Lembaga ini nantinya diharapkan mampu membina siswa dan siswi SMAN 2 Sumatera Barat di bidang hafalan Qur’an, dan sekaligus juga diharapkan bisa membimbing  masyarakat umum. Selain itu lembaga ini juga berfungsi untuk mengurus segala hal yang berkaitan dengan admistrasi dari para hafiz dan hafizah binaan Lembaga Tahfiz An-Nahl.

Sertifikat hafalan bagi wisudawan dan wisudawati dikeluarkan oleh Kementerian Agama Kabupaten Solok, termasuk surat keterangan pandai baca tulis Al Qur’an dan berbagai hal lainya. ( disaat saat tertentu yang sifatnya mendesak dan penting Lembaga Tahfiz An-Nahl bisa mengeluarkan sendiri, dengan tetap berkoordinasi dengan Kementerian Agama Kabupaten Solok.

 

No

Program

Sasaran

1

Takassus Tahfiz ( 20 s.d 30 Juz )

Siswa SMAN 2 Sumbar

2

Tahfiz 3 Juz dan Tahsin

Siswa SMAN 2 Sumbar

3

Tahsin dan BTQ

Siswa dan Masyarakat Umum

4

Dauroh Quran

Siswa dan Masyarakat Umum

5

Camp Tahfiz

Siswa dan Masyarakat Umum

6

MHQ ( Musabaqoh Hifzil Quran )

Siswa dan Masyarakat Umum

7

Pelatihan/ Diklat Guru Tahfiz

Umum

8

Pelatihan Bahasa Arab

Siswa dan Masyarakat Umum

9

Tasmi’ Hafalan

Siswa dan Masyarakat Umum

10

Wisuda Tahfiz

Siswa SMAN 2 Sumbar

 

 

Kurikulum yang digunakan oleh Lembaga Tahfiz An-Nahl adalah kurikulum yang disusun oleh Lembaga Tahfiz An-Nahl dibawah binaan Kementerian Agama Kabupaten Solok. Dalam prakteknya selalu berkoordinasi dengan Wakil Kurikulum dan Wakil Kesiswaan  SMAN 2 Sumatera Barat.

 

Siswa binaan Lembaga Tahfiz An Nahl SMAN 2 Sumatera Barat saat ini adalah: 386 orang siswa, 128 orang kelas X, 126 orang kelas XI dan 134 orang kelas XII. Jumlah ini terdiri dari 13 kelas, 39 kelompok Tahfiz dan 2 kelas kelompok Takassus.

 

Pembinaan Tahfiz oleh Lembaga Tahfiz An-Nahl bagi Siswa Siswi SMAN 2 Sumatera Barat dilakukan setiap hari sesuai dengan jam PBM Tahfiz yang disusun oleh Wakil Kurikulum SMAN 2 Sumatera Barat. Tempat pembinaan adalah ruang kelas dan ruang khusus yang  disiapkan oleh sekolah untuk kegiatan Tahfiz. Bagi masyarakat umum pembinaan dipusatkan di masjid Ghazal Al Afthor SMAN 2 Sumatera Barat dan ruang khusus yang telah disediakan oleh pihak sekolah.

Untuk kegiatan pelatihan yang diadakan diluar lingkungan SAMN 2 Sumatera Barat dapat menyesuaikan dengan kesepakatan bersama Lembaga Tahfiz An-Nahl.

Pekan Perlombaan Classmeeting dan Hari Peringatan Hardiknas Meriah dan Banyak Hadiah

Acara Penutupan Akhir Semester Genap TP 2021/2022 diakhiri dengan peringatan Hardiknas dan Class Meeting. Acara itu di buka langsung oleh Kepala SMA N 2 Sumatera Barat Ibu ratna Yulia, S.Pd, M.Pd Selasa, tanggal 14 Juni 2022. Seluruh peserta didik dan majelis guru...

Pemenang Lomba Hardiknas dan Classmeeting 18 Juni 2022

Pemenang Pekan Classmeeting dan Hardiknas Semester Genap TP 2021/2022  

SMA N 2 Sumatera Barat Sukses Gelar PPDB TP 2022/2023

Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA N 2 Sumatera Barat tahun ajaran 2022/2023 sukses dilaksanakan. Kegiatan ini dilakukan serentak oleh seluruh sekolah berasrama negeri di Sumatera Barat. Mulai dari pendaftaran peserta didik baru sampai pendaftaran...

Dream Come True Part 2

Oleh Roja Nabila Putri Gadis tersebut berjalan dengan pepohonan pelan rimbun dengan langkah-langkah. Banyak pertanyaan berlomba-lomba memikirkan sekarang. Aku dimana? Kok aku bisa di sini? Bukannya tadi aku tidur di kamar? Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan...